Cari Tahu Level-level Tempat Aktivitas Berisiko Penyebaran COVID-19

Harap diperhatikan, menjaga kesehatan lebih baik daripada meresikokan jiwa dan fisik anda. Selalu patuhi aturan kesehatan yang berlaku.

Pakai masker, jaga jarak, dan hidup sehat.

Sejak memasuki masa new normal beberapa tempat umum mulai dibuka kembali. Ayo jujur, selama masa new normal ini mana saja tempat yang sudah kamu datangi: Pasar, pusat perbelanjaan, restoran, fasilitas olahgraga, atau rumah sakit? Tapi tunggu dulu, apa kamu tahu berbagai risiko level penularan COVID-19 di tempat-tempat tersebut? Mulai sekarang, kamu harus memutuskan tempat mana yang harus dihindari dan berisiko penyebaran COVID-19 ini. Apa sih alasannya?

Pertama, di masa new normal ini pemerintah memang membuka kembali tempat-tempat umum untuk mengembalikan lagi kestabilan sosial dan ekonomi negara. Kami percaya, kamu juga mendatangi tempat-tempat tersebut dengan alasan dan keperluan yang jelas.

Maka, demi mendukung keputusan pemerintah ini pun kamu harus tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjalankan perubahan pola hidup dengan tatanan dan adaptasi kebiasaan yang baru (new normal) agar dapat hidup produktif dan terhindar dari penularan COVID-19. Kedisiplinan dalam menerapkan prinsip pola hidup yang lebih bersih dan sehat merupakan kunci dalam menekan penularan COVID-19 pada masyarakat, sehingga diharapkan wabah COVID-19 dapat segera berakhir.

Maka, langkah awal yang tepat adalah kamu harus tahu tempat-tempat yang berisiko dengan berbagai level atau tingkat penularan COVID-19 ini. Pada dasarnya, tempat dan fasilitas umum merupakan area di mana masyarakat melakukan aktivitas kehidupan sosial dan berkegiatan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Risiko pergerakan orang dan berkumpulnya masyarakat pada tempat dan fasilitas umum, memiliki potensi penularan COVID-19 yang cukup besar.

Baca juga: Olahraga saat Pandemi, Apa yang Harus Dipersiapkan dan Diperhatikan?

Berdasarkan informasi dari Sindonews.com, ada berbagai tempat aktivitas berisiko penyebaran COVID-19 di new normal, di antaranya:

Level 1: Membeli dan membawa makanan dari restoran, dan bermain tenis.

Level 2: Berjalan, berlari, bersepeda bersama, dan mengisi bahan bakar.

Level 3: Belanja bahan makanan, berkemah, hotel, bermain golf, museum.

Level 4: Dokter gigi, berjalan di keramaian, kantor, ruang tunggu dokter, restoran makan di luar ruangan.

Level 5: Pesta makan malam di rumah, pesawat terbang, pesta barbekyu, mall, pantai, tempat bowling.

Level 6: Kasino, restoran, taman bermain, salon, perahu pontoon, bioskop.

Level 7: Olahraga basket, kolam renang.

Level 8: Prasmanan, stadion, pusat kebugaran, taman hiburan, ibadah secara massal.

Level 9: Bar.

Masing-masing level dari tempat-tempat di atas ini menunjukkan semakin tinggi level maka semakin tinggi risiko atau tingkat penularan COVID-19 ini.

Jadi, sebaiknya bila kamu mendatangi tempat-tempat tersebut, penting sekali untuk meningkatkan upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19 bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam rangka mencegah terjadinya episenter/kluster baru selama masa pandemi.

Baca juga: Tips Aman Staycation di Hotel saat New Normal

Lalu, langkah preventif apa yang bisa kamu lakukan? Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor Hk.01.07/Menkes/382/2020 Tentang Protokol Kesehatan Bagi Masyarakat di Tempat dan Fasilitas Umum Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), kamu harus menerapkan beberapa hal berikut ini:

  1. Memastikan diri dalam kondisi sehat sebelum keluar rumah. Jika kamu mengalami gejala seperti demam, batuk, pilek, nyeri tenggorokan, dan/atau sesak nafas, tetap di rumah dan periksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan apabila berlanjut.
  2. Selalu menggunakan masker selama perjalanan dan saat berada di area publik.
  3. Menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.
  4. Hindari menyentuh area wajah seperti mata, hidung, dan mulut.
  5. Tetap memperhatikan jaga jarak minimal 1.8 meter dengan orang lain. Apabila dibutuhkan, gunakan tambahan penggunaan pelindung wajah (faceshield) bersama masker yang sangat direkomendasikan sebagai perlindungan tambahan.

Kini kamu makin tahu banyak informasi mengenai tempat-tempat berisiko penularan COVID-19. Semoga kita semua bisa meningkatkan peran dan kewaspadaan dalam mengantisipasi penularan COVID-19 di tempat dan fasilitas umum ya. Jaga kesehatan selalu untuk kamu dan orang-orang di sekitar!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

The latest Newsletter of the WHO Chemical Risk Assessment Network - Autumn 2020

Jum Sep 25 , 2020
<p><a href="https://www.who.int/docs/default-source/chemical-safety/chemical-risk-assessment-network/newsletter16-autumn2020.pdf?sfvrsn=6baed94a_2">Newsletter issue n. 16: Autumn 2020</a></p>