7 Kelas Online Gratis untuk Upgrade Skill meski #DiRumahAja

Harap diperhatikan, menjaga kesehatan lebih baik daripada meresikokan jiwa dan fisik anda. Selalu patuhi aturan kesehatan yang berlaku.

Pakai masker, jaga jarak, dan hidup sehat.

Banyak waktu luang selama #DiRumahAja dapat dimanfaatkan untuk mengikuti kelas online gratis guna menambah skill. Mulai dari kelas akademik hingga prakarya, bisa kamu ikuti dengan modal gawai dan akses internet. Bahkan beberapa kelas online diselenggarakan oleh universitas ternama.

Yuk, kunjungi situs-situs berikut untuk upgrade kemampuanmu selama pandemi COVID-19.

1. prakerja.org

Situs ini didirikan oleh Andri W. Kusuma dan Brahmantya Sakti sebagai respons terhadap permintaan masyarakat akan kebutuhan edukasi dunia kerja. Sebagaimana diketahui, pandemi COVID-19 berimbas pada dunia usaha. Banyak orang kehilangan pekerjaan, sehingga harus mencari mata pencaharian lain. 

Semua kelas di prakerja mulai dari wirausaha, pengembangan diri, bisnis & keuangan, teknologi & software, serta bisnis digital bisa diakses secara gratis.

Selain kelas-kelas yang sifatnya formal, ada banyak tutorial mudah yang berkaitan dengan hobi. Misalnya seperti tutorial menjahit masker, membuat camilan kekinian, menanam hidroponik, dan lain sebagainya. Dari hobi ini, kamu bisa membuat produk bernilai ekonomi, yang mungkin bisa menambah pemasukan di saat pandemi.

Baca juga: Terkena PHK karena Pandemi Corona? Ini 5 Ide Usaha yang Bisa Kamu Jalankan

2. Arkademi

Arkademi memang merupakan mitra pemerintah dalam pelatihan kartu prakerja. Namun situs ini juga menyediakan kelas online gratis yang bisa diakses siapa saja.

Selain diakses melalui web, kelas-kelas di Arkademi juga bisa diakses melalui aplikasi ponsel. Setelah menyelesaikan kelas online dari lembaga atau institusi rekanan, kamu bisa mendapatkan sertifikat hard copy yang langsung dikirim ke alamatmu.

3. Coursera

Coursera adalah situs asal Amerika yang telah menyediakan layanan belajar online sejak 2012. Coursera menyediakan lebih dari 3.900 kursus yang dapat kamu pelajari dengan berbagai bidang, yaitu sekolah seni, data analisis, dan lain sebagainya.

Untuk kamu yang ingin belajar dari perusahaan-perusahaan kelas dunia, coursera adalah tempatnya.

4. edX

edX merupakan situs pembelajaran online yang didirikan oleh universitas Harvard dan Massachusetts Institute of Technology. Situs ini menyediakan lebih dari 2500 kelas online dari 140 institusi. 

edX adalah situs yang tepat bagi kamu yang bercita-cita belajar dari universitas terbaik di dunia atau ingin merasakan bagaimana rasanya kuliah di ivy league.

5. online-learning Harvard

Ada 91 materi yang bisa diakses secara gratis mulai dari pemrograman, ilmu komputer, ilmu sosial, ilmu eksak, kesehatan, hingga, seni dan desain, 

Kelas tersebut berdurasi mulai dari 1 minggu sampai 11 minggu. Meski durasinya lama, kamu cukup meluangkan waktu 1-3 jam saja setiap minggunya dengan jadwal yang bisa diatur sendiri. 

Setiap kelas dibimbing oleh dosen, profesor, dan praktisi Universitas Harvard. Yuk manfaatkan kesempatan ‘kuliah gratis’ di Harvard lewat situs ini.

6. Ayoloka

Nah kalau yang ini merupakan marketplace khusus workshop milik Indonesia yang menghubungkan antara instruktur dengan murid. Di Ayoloka, kamu bisa mendaftar untuk workshop online yang berkaitan dengan kerajinan, kecantikan, kuliner fesyen, hingga bisnis dan teknologi.

7. Komunitas Media Sosial

Berbagai komunitas dan akun di media sosial juga cukup sering menyelenggarakan kelas online gratis. Mulai dari belajar perencanaan keuangan, investasi, memasak, parenting, kesehatan, bisa kamu temukan dengan mudah di Instagram atau Facebook. Kelas-kelas tersebut biasanya diselenggarakan melalui live-IG, kulwap (WhatsApp), Telegram, atau Zoom.

Baca juga: New Normal, Adaptasi Baru Kegiatan Offline Jadi Online

Nah, kalau kamu sudah mulai jenuh dengan aktivitas selama #DiRumahAja, tidak ada salahnya mengikuti kelas-kelas online di atas. Ilmu yang kamu dapatkan mungkin bisa digunakan untuk menambah penghasilan selama pandemi Corona, atau memberikan keahlian baru yang bisa digunakan untuk menambah nilai di akun LinkedIn milikmu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

The latest Newsletter of the WHO Chemical Risk Assessment Network - Autumn 2020

Jum Sep 25 , 2020
<p><a href="https://www.who.int/docs/default-source/chemical-safety/chemical-risk-assessment-network/newsletter16-autumn2020.pdf?sfvrsn=6baed94a_2">Newsletter issue n. 16: Autumn 2020</a></p>